Oct 25, 2006

Jangan Takut Anak Anda Bermain Kotor...‏

Wiesbaden, (Analisa)

Para orang tua seharusnya tidak melarang anak-anak mereka untuk bermain diluar rumah, dialam bebas sehingga mereka menjadi kotor atau merasa cemas terhadap penyakit-penyakit yang tidak berbahaya, demikian dikatakan oleh Ikatan Dokter Ahli Alergi Jerman Rabu (18/10).

"Apabila salah satu anak tetangga menderita sakit influenza atau pilek dan atau batuk tak usah terlalu mencemaskan anak-anak sehingga anda melarang mereka untuk bermain dengan anak yang sakit tersebut, karena hal itu justru dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh anak-anak," kata Kirsten Jung salah satu anggota Dewan Pembina ikatan dokter ahli alergi Jerman tersebut.

Dari hasil penelitian medis para dokter ahli alergi menyimpulkan bahwa anak-anak yang tumbuh di daerah pertanian jarang atau sedikit sekali di antara mereka yang menderita alergi dibandingkan dengan anak-anak yang tinggal di kota.

"Anak-anak seharusnya dibiarkan untuk kontak langsung dengan alam, bermain di alam bebas dengan udara terbuka,bermain tanah hingga kotor," demikian nasihat Jung.

Pada usia dini sistem kekebalan tubuh harus dirangsang oleh sejumlah bakteri sehingga dapat mencapai daya tangkis atau pertahanan tubuh yang maksimal, demikian ditambahkan oleh para dokter ahli tersebut.

Demikian pula dengan kebiasaan orang tua yang menjaga kebersihan secara berlebihan misalnya membersihkan rumah dengan beraneka senyawa kimia (disinfektan) seminggu dua atau sampai tiga kali, hal itu agak berlebihan," kata Jung lagi.

"Disisi lain sebaiknya membuat ventilasi yang cukup dirumah anda sehingga terjadi sirkulasi udara dengan baik, udara segar dari luar dapat masuk, dan udara segar akan mengurangi tingkat tungau rumah dan hal itu sangat penting," kata Jung mengingatkan. (Ant/DPA)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails